Contoh Isu Profesionalisme di Bidang IT

       Profesi adalah pekerjaan yang dilakukan berkaitan dengan keahlian khusus dalam bidang pekerjaannya. Profesional adalah orang yang mempunyai atau menjalankan profesi dan hidup dari pekerjaan itu dengan mengandalkan suatu keahlian yang tinggi. Setiap profesional berpegang pada nilai moral yang mengarahkan dan mendasari perbuatan luhur. Dalam melaksanakan tugas profesinya, para profesional harus bertindak objektif, artinya bebas dari rasa malu, sentimen, benci, sikap malas, dan enggan bertindak.

Seorang profesional dituntut untuk memiliki:



1. Pengetahuan

2. Penerapan keahlian

3. Tanggung jawab sosial

4. Pengendalian diri

5. Etika bermasyarakat sesuai dengan profesinya.

      Dalam dunia kerja, kita dituntut untuk mengikuti etika yang ada sesuai dengan profesi dan kita dapat menjadi seseorang yang profesional dalam bidang profesi kita masing-masing. Maka dari itu disini saya akan memberikan salah satu contoh isu profesionalisme di bidang IT sesuai dengan topik kita hari ini.

      Salah satu berita yang sedang hangat saat ini adalah serangan DDOS berita ini saya ambil dari berita liputan 6 dimedia online.
DDOS merupakan jenis serangan terhadap sebuah komputer atau server di dalam jaringan internet dengan cara menghabiskan sumber (resource) yang dimiliki oleh komputer tersebut sampai komputer tersebut tidak dapat menjalankan fungsinya dengan benar sehingga secara tidak langsung mencegah pengguna lain untuk memperoleh akses layanan dari komputer yang diserang tersebut. Pada berita yang saya baca di media online sudah 84 negara menjadi korban serangan dari DDOS tersebut. Dari ke 84 negara tersebut yang paling banyak terkena serangan DDOS antara lain Vietnam, Hong Kong, Kanada, Turki, Lithuania. Berdasarkan laporan yang diterima serangan ini rata-rata merupakan serangan yang bersifat politis, bertujuan untuk mendapat keuntungan, dan ada juga serangan yang tidak disengaja.

Kesimpulan atau review dari saya :
Bahwa untuk bekerja dalam bidang IT memang ada sisi baik dan sisi buruk nya dimana dua sisi itu harus kita pilih secara bijak karena jika kita melenceng saja lalu berpindah ke sisi yang buruk hal itu bisa membuat kita melakukan tindakan seperti berita diatas yang saya sampaikan. Maka dari itu saya mencoba mengingatkan kepada rekan-rekan yang bekerja di bidang IT termasuk saya sendiri bahwa bekerja di IT memang sangat bagus dan menarik tetapi kembali kepada kita sendiri bagaimana kita menyikapi dan menjalankan profesi kita dengan baik.

Daftar Pustaka :


  1. https://sakurashinmachi.wordpress.com/2015/05/05/profesionalisme-dan-etika-dalam-bidang-it/
  2. https://www.liputan6.com/tekno/read/3308165/84-negara-jadi-korban-serangan-ddos-penjahat-siber
  3. https://id.wikipedia.org/wiki/Serangan_DoS



Komentar

Postingan Populer