Sejarah Mengenai Komputer dan Teknologi Informasi beserta Tren Teknologi pada saat ini

A.) Pengertian Komputer

Komputer adalah  serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti.
Kata Komputer ini juga berasala dari Bahasa “Yunani” yaitu “computare” yang arti nya menghitung secara bersama - sama.

Berikut ini merupakan definisi komputer dari beberapa ahli :
  1. Robert H Blissmer menyatakan bahwa Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas antara lain menerima input,memproses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan dan menyediakan output dalam bentuk informasi.
  2. Jhon J. Longkutoy menyatakan bahwa komputer merupakan pemecah persoalan atau pengolah data yang dapat menghasilkan informasi.
  3. Fouri menyatakan bahwa komputer adalah suatu alat pemroses data yang mampu melakukan perhitungan dengan jumlah yang besar dan cepat
Dari kesimpulan yang kita dapat kita dapat menyimpulkan bahwa komputer adalah suatu elektronik yang mampu menyimpan program dan hasil pengolahan data serta dapat bekerja secara otomatis.

B.) Sejarah Komputer 

  1. Komputer Generasi Pertama (1946 - 1959)
    Komputer pada generasi pertama komponen elektroniknya terbuat dari Tabung Hampa dan program Komputer di buat dalam bahasa mesin. Komputer pada generasi pertama memiliki sifat sebagai berikut : ukurannya besar dan memakan tempat, memperlukan banyak pendingin, proses lambat, kapasitas menyimpan data kecil
  2. Komputer Generasi Kedua (1959 - 1964)
    Komputer pada generari kedua komponen elektroniknya sudah menggunakan transistor untuk sirkuitnya, transistor tersebut sudah dikembangkan di Bell Laboratories pada tahun 1974. Komputer pada generasi kedua ini juga sangat mudah digunakan karena lebih kecil, cepat, dan di andalkan dibandingkan dengan komputer generasi pertama.

  3. Komputer Generasi Ketiga (1964 - 1970)
    Komputer pada generasi ketiga menggunakan IC maka kinerja komputer menjadi lebih cepat dan tepat selain itu kecepatan nya hampir 10.000 kali lebih cepat di bandingkan dengan komputer generasi pertama. Di komputer generas ketiga ini kapasitas memori nya lebih besar dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter dari komputer generasi sebelumnya.
  4. Komputer Generasi Keempat (1970 - 1980)
    Komputer generasi komputer merupakan komputer lanjutan dari generasi ketiga yang membedakan adalah IC pada komputer generasi ke 4 (keempat) lebih kompleks atau baik dan terintegrasi. Pada komputer generasi keempat ini sudah dibuat program dengan menggunaka bahaasa : BASIC, PASCAL, COBOL, FORTRAN.
    Sifat - Sifat dari komputer generasi keempat :
    - Ukuran nya relatif lebih kecil
    - Sudah merapkan Multi Programming dan Multi Processing
    - Sudah mengenal DataBase Management Systems (DBMS)
    Komputer generasi keempat ini telah berkembang pesat dikarenakan penggunaan nya yang sangat mudah dan serbaguna.
  5. Komputer Generasi Kelima (1980 - Sampai Sekarang)
    Pada akhir tahun 1980 IBM telah memutuskan untuk membangun sebuah komputer "Personal Computer" (PC) secara massal pada tanggal 12 Agustus 1981. Prosesor yang digunakan adalah 8088/8086 yang menjadi standar komputer saat ini, menggunakan basis proses 16 bit persatuan waktu. Dengan lahirnya komputer generasi kelima ini, IBM bekerja sama dengan Microsoft untuk mengembangkan software di dalamnya. Hingga saat ini Microsoft mendominasi kebutuhan software di dunia PC. Pada generasi kelima ini, telah dilakukan pengembangan dengan apa yang dinamakan Josephson Junction, teknologi yang akan menggantikan chip yang mempunyai kemampuan memproses trilyunan operasi perdetik sementara teknologi chip hanya mampu memproses miliaran operasi perdetik. Komputer pada generasi ini akan dapat menerjemahkan bahasa manusia, manusia dapat langsung bercakap-cakap dengan komputer serta adanya penghematan energi komputer. Sifat luar biasa ini disebut sebagai “Artificial Intelligence”, selain itu juga berbasis Graphic User Interface (GUI), multimedia, dan multikomunikasi.
C.) Pengertian Software

Software adalah  bagian tidak terpisahkan dalam perangkat keras atau hardware. Pengertian software secara umum dapat diartikan sebagai sekumpulan data-data elektronik yang tersimpan dan diatur oleh komputer yang berupa program atau instruksi untuk menjalankan dan mengeksekusi suatu perintah.

Berikut ini merupakan definisi software dari beberapa ahli :
  1. Roger. S.
    menyatakan bahwa yang dimaksud dengan software atau perangkat lunak adalah suatu perintah program dalam sebuah komputer, yang apabila dieksekusi oleh usernya dapat memberikan fungsi dan juga unjuk kerja yang diinginkan oleh usernya. Pernyataan ini menggambarkan bahwa software atau perangkat lunak ini berfungsi untuk memrintah komputer, agar komputer tersebut dapat berfungsi secara optimal, sesuai dengan keinginan user atau brainware yang memberikan perintah kepadanya.
  2. Melwin (2007)
    Menyatakan bahwa perangkat lunak atau software itu sendiri merupakan sebuah perangkat yang berfungsi sebagai pengatur aktivitas kerja komputer dan semua instruksi yang mengarah kepada sebuah sistem komputer. Lebih lanjut disebutkan pula bahwa sebuah perangkat lunak merupakan sebuah perangkat yang menjembatani interaksi user dengan komputer yang menggunakan bahasa mesin.
  3. Wiwit Siswoutomo
    Menyatakan bahwa yang dimaksud dengan software adalah sebuah nyawa dari komputer atau hardware. Tanpa adanya software atau perangkat lunak ini, maka komputer hanyalah sebuah perangkat keras atau hardware yang mati dan sama sekali tidak berguna untuk apapun dan siapapun.
D. Teknologi Informasi

  1. Pengertian Teknologi Informasi
    Yang dimaksud dengan Teknolgi Informasi adalah sebuah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi.
  2. Tujuan Teknologi Informasi
    Tujuan nya adalah dibuat untuk memecah suatu masalah, meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam melakukan pekerjaan. Jadi dengan adanya teknologi informasi membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan efisien.
E. Teknologi Tren Saat ini

Pada era modern saat ini, teknologi informasi sudah berkembang pesat dari tahun ke tahun contoh nya seperti media sosial atau media online saat ini.

Berikut dibawah ini saya akan mejelaskan salah satu Teknologi yang Tren atau berkemabang pesat pada era modern ini.

AndroidAndroid merupakan OS berbasis Linus yang dirancang untuk perangkat seluler layar sentuh seperti smartphone dan komputer tablet.
Kepopuleran android saat ini telah mengalahkan IOS dari Apple, Symbian, dan Windows sehingga tidak heran kemunculan android sudah mempopulerkan smartphone.

Pada saat android muncul, pada saat itu juga smartphone lain nya sudah menyebar ke seluruh dunia dengan beraneka ragam jenis merek yang menawarkan ponsel dengan OS Android mulai dari harga termurah sanpai harga yang sangat mahal. Maka tak heran android sudah merupakan bagian dari teknologi yang sangat tren pada era modern ini.









Komentar

Postingan Populer